Jumat, 16 Agustus 2013

Resensi novel 'Summer Breeze'

TUGAS ANALISIS NOVEL
(Disusun untuk memenuhi tugas Semester 2 Mata Kuliah Bahasa Indonesia)


Dosen Pengampu :
Dra. Suhartatik Spd. Mpd.



Disusun oleh :
Siti Rofikoh    (1223175)
Kelas : 2012 A Pagi



PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS
STKIP PGRI SIDOARJO
2012

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik dah hidayat-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan Resensi Novel “Summer Breeze”.
Sebagai tugas dari guru mata pelajaran Bahasa Indonesia pada semester 2 sebagai syarat memenuhu ketuntasan belajar. Kami menyadari bahwa makalah ini tentu masih ada kekurangan dan kelemahan. Untuk itu, kritik dan saran yang konstruktif sangat kami harapkan untuk kesempurnaan.
Akhir kata kami ucapkan terima kasih kepada Allah SWT yang telah memberikan kemudahan dalam menyelesaikan tugas ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca.




Sidoarjo, Juli 2013


                                                                                                                           Penyusun

DAFTAR  ISI
HALAMAN JUDULi
KATA PENGANTARii
DAFTAR ISIiii
BAB I PENDAHULUAN1
A.    Latar belakang 1
B.     Tujuan Pengarang1
C.     Tujuan Penyusunan Resensi Novel1
D.    Manfaat Novel1
BAB II PEMBAHASAN 2
A.    Identitas buku 2
B.     Sinopsis2
C.     Unsur intrinstik novel3
D.    Kelemahan novel4
E.     Kelebihan novel5
F.      Gaya bahasa5
G.    Biografi penulis5
H.    Biografi penulis resensi6
BAB III PENUTUP7
A.     Kesimpulan7
B.     Saran7

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Isi Novel
Novel ini bercerita mengenai tiga anak manusia yang terlibat cinta segi tiga. Di mana mereka adalah Reina, Ares dan Orion. Ares dan Orion merupakan saudara kembar yang sangat berbeda sifatnya. Ketika mereka masih kecil, mereka membuat janji yang akan mereka tepati 10 tahun ke depan. Mereka menuliskan apa yang mereka inginkan dalam bentuk surat dan mengubur surat tersebut.
B.     Tujuan Pengarang
·         Menuliskan imajinasi yang ada dipikiran pengarang dan mengembangkan cerita itu ke dalam sebuah paragraf (sebuah buku)
·         Memberikan efek emosional, sehingga pembaca dapat terhanyut dalam cerita novel tersebut.
C.    Tujuan Penyusunan Resensi Novel
·         Untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia
·         Untuk menambah wawasan dan mengasah kemampuan membuat resensi.
·         Untuk melatih diri dalam bekerja dan kami ingin memberitahukan kepada seluruh masyarakat tentang isi novel ini layak atau tidak untuk dibaca
D.    Manfaat Novel
·         Novel ini bermanfaat bagi semua masyarakat khususnya para remaja.
·         Dari membaca novel ini, kita dapat mengetahui bahwa setiap orang mempunyai suatu kekurangan dan mereka juga membutuhkan sebuah perhatian, terutama dari orang-orang terdekat, seperti keluarga.
Sebuah perhatian dan kasih sayang yang tulus dapat merubah sifat keras seseorang menjadi lebih baik

BAB II
PEMBAHASAN

Resensi Novel “Summer Breeze”

CINTA NGGAK PERNAH SALAH
A.    Identitas buku
1.      Judul                     : Summer Breeze
2.      Penulis                   : Orizuka
3.      Penerbit                 : Puspa Swara
4.      Tahun terbit           : 2006
5.      Tempat terbit         : Jakarta
6.      Tebal                     : 216 halaman
7.      Ukuran                  : 13 × 19 cm
8.      Jenis cover             : Soft cover
9.      Harga                    : Rp 35.000,-
10.  No. ISBN              : 979 24 4862 4

A.    Sinopsis
Novel ini bercerita mengenai kisah tiga anak manusia yang terlibat cinta segitiga. Dimana mereka adalah Reina, Ares dan Orion. Ares dan Orion merupakan saudara kembar. Ketika masih kecil mereka membuat janji yang akan mereka tepati 10 tahun ke depan. Mereka menuliskan apa yang mereka inginkan dalam bentuk surat dan mengubur surat tersebut.
Orion dan Ares merupakan saudara kembar yang sangat berbeda sifatnya. Ares adalah preman kampus. Ia ditakuti oleh anak-anak kampus. Semua orang menganggap dia bodoh, terutama ayahnya. Ayahnya sangat membenci dia. Ia sangat tidak suka kelakuan Ares yang berantakan. Bagi dia, semua kelakuan yang dilakukan Ares salah di matanya. Berbeda dengan saudara kembarnya, Orion. Orion sangat disukai oleh semua orang, baik di kampus maupun di rumahnya. Sifatnya berkebalikan 180 dari saudara kembarnya.
10 tahun kemudian, datanglah seorang wanita dihadapan mereka berdua ketika mereka berdua merayakan ulang tahunnya, yaitu Reina, teman mereka sejak kecil. Bagi Orion Reina merupakan kado terindah saat ulang tahun. Berbeda dengan Ares, ia sama sekali tidak menanggapi kedatangan Reina.
Reina sangat mencintai Ares dan Orion. Tetapi, Reina lebih sayang dan cinta terhadap Ares. Ketika Orion mengetahui bahwa Reina lebih memilih saudara kembarnya daripada dia, dia sangat marah. Karena selama ini, Orion sangat mencintai Reina.
Ternyata, Ares mengidap penyakit disleksia. Di mana penyakit ini, ia tidak bisa membaca tulisan. Ketika Reina mengetahui ini, ia sangat sedih. Suatu hari, Reina berniat membuka surat permohonan mereka yang 10 tahun lalu. Disitulah Reina menunjukkan permohonanya dahulu, yang isinya, “Reina pegen selalu bersama Ares, habis Reina suka sama Ares”. Di situlah mereka sadar bahwa sebenarnya mereka memiliki perasaan yang sama.
Ketika melihat pertandingan basket, tim Orion menang melawan tim dari universitas kencana. Namun, dibalik kemenangan tim Orion ada seseorang yang tidak menyukai kemenangan Orion, yaitu Reno. Ia pun menyuruh beberapa orang untuk menghabisi Orion. Saat orang-orang suruhan Reno memukuli Orion, datanglah Ares yang membantu Orion. Sehingga Ares babak belur dan sempat koma selama 1 bulan, hingga tidak lama Ares pun meninggal dunia.

A.    Unsur intrinstik novel
1.      Tema
·         Seorang anak kembar yang memiliki sifat sangat jauh berbeda 180◦.
·         Perjuangan Ares yang mempunyai penyakit disleksia, namun  ia tetap dapat mengejar cita-citanya.
·         Kesetiaan seorang gadis terhadap teman masa kecil yang ia cintai, meski sudah berpisah 10 tahun lebih.
2.      Tokoh
·         Tokoh utama : Antares
·         Tokoh kedua : Orion
·         Tokoh ketiga : Reina
·         Tokoh pembantu : Tante Risa, Lala, Raul, Dipo, Wanda, Odi
·         Tokoh piguran : Reno, Juanda, Dokter Ardi, Aryo, Heru, Faisal
3.      Penokohan
·         Ares : Preman kampus, skeptis dan emosional. Seumur hidup dicap bodoh oleh semua orang karena ia menderita penyakit disleksia. Bagi keluarganya, masa depan Ares gelap, segelap malam yang paling buta.
·         Orion : Bintang basket, penerima beasiswa, sekaligus cowok popular di kampus, Bagi keluarganya, masa depan Orion cerah, secerah matahari.
·         Reina : Cewek cantik bak bidadari, teman masa kecil Ares dan Orion. Tapi Reina sangat mencintai Ares, saudara kembar Orion.
4.      Alur
Alur maju, dimana novel menceritakan masa kecil Ares dan Orion yang bersahabat dengan gadis cantik bernama Reina, namun Reina harus tinggal di Amerika dan Ia kembali ke Indonesia setelah 10 tahun lebih.
5.      Sudut pandang
Sudut pandang orang pertama
6.      Amanat
·         Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan orang tua tidak boleh membeda-bedakan anak-anaknya.
·         Orang tua harus dapat memahami masalah yang dialami oleh anak-anaknya, karena itu komunikasi didalam keluarga sangatlah penting.

B.     Kelemahan Novel “Summer Breeze”
1.      Kelemahan Sampulnya yaitu :
·         Judul tidak menjelaskan isi novel.
·         Warna sampul bagus, namun tidak cocok dibaca oleh kalangan dewasa
2.      Kelemahan Isinya yaitu :
·         Ada beberapa kata yang menggunakan bahasa Inggris, sehingga membuat bingung pembaca dalam memahami kata-kata tersebut.
·         Isinya sebagian kecil menceritakan tentang kebiasaan merokok dan perkelahian yang tidak patut di contoh.

C.    Kelebihan Novel “Summer Breeze”
1.      Kelebihan Sampulnya yaitu :
·         Gambar sesuai dengan isi, yaitu seorang gadis dan saudara kembar yang berbeda sifat yang di gambarkan dengan cirri-ciri fisik yang berbeda pula.
·         Warnanya menarik sehingga cocok dibaca oreh kaum remaja.
·         Sampulnya terdapat logo penerbitnya.
·         Bagian belakang sampul terdapat synopsis yang memudahkan pembaca dalam memahami isi novel keseluruhan.
2.      Kelebihan Isinya yaitu :
·         Alurnya jelas, sehingga membuat para pembaca seperti ikut merasakan suasana sesuai dengan isi cerita.
·         Menceritakan tentang kesetiaan dan keteguhan seorang gadis meski sudah berpisah selama puluhan tahun.
·         Isi dari novel tersebut menggunakan kata-kata yang sederhana, sehingga pembaca lebih mudah memahami novel tersebut

D.    Gaya bahasa :
Novel ini menggunakan bahasa modern, ringan namun tetap sanggup menghantarkan makna yang dalam. Penulis juga banyak menyisipkan kata-kata asing sebab ada banyak kutipan lirik lagu yang dimasukkan.

E.     Biografi Penulis
Orizuka (nama asli Okke Rizka Septiani) adalah pengarang novel remaja yang telah menghasilkan 18 karya, di antaranya yaitu Summer Breeze, telah diangkat ke layar lebar pada tahun 2008.
 Lahir di Palembang 26 tahun silam, penggemar thriller ini senang mempelajari bahasa asing. Selain menulis, di waktu luang ia gemar membaca, menonton, mendengarkan music serta fangirling bersama para Kpoppers. Gadis yang humoris ini kuliah di Komunikasi UGM angkatan 2004. Bola dan basket adalah tontonan favoritnya. Dari SMP udah biasa nulis-nulis, dan beberapa karyanya telah dipublikasikan. Dia juga pernah menjadi juara 2 Lomba Teenlit Puspa Swara.

F.     Biografi penulis resensi
Nama saya Siti Rofiqoh atau yang biasa di panggil Upy. Saya berjenis kelamin perempuan dan lahir pada tanggal 25 januari 1993. Saya anak ketiga dari empat bersaudara dari pasangan bapak Imam Syafi’I dan ibu Mu’rifah. Dan kami tinggal di desa Siwalan Panji, kecamatan Buduran.
Sekolah dasar saya yaitu MI Faqih Hasyim lulusan tahun 2005, SMP saya di MTs Al Ma’arif Singosari lulusan tahun 2008, SMA saya di MA Al Ma’arif Singosari lulusan tahun 2011, dan saya belajar di PPA Nurul Huda Singosari selama 6 tahun, tahun 2012 saya belajar Bahasa Inggris di BEC Pare selama 9 bulan. Dan kini saya kuliah di STKIP PGRI Sidoarjo. Hobi saya membaca, selain membaca dari buku saya juga senang sekali membaca di internet.
Sejak kecil saya ingin bekerja di sebuah perkantoran, tetapi kini saya ingin menjadi seorang guru kalau bisa saya ingin menjadi seorang dosen, selain itu saya juga ingin mempunyai sebuah usaha sendiri.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Novel karya Orizuka ini memang cukup menarik dan sangat cocok di baca oleh semua kalangan khususnya para remaja. Novel ini dapat menginspirasi seseorang yang dapat terus berjuang meskipun sedang mengalami penyakit disleksia dan ia juga dapat mengejar cita-citanya meskipun dengan penuh perjuangan dan pengorbanan. Dan novel ini juga mengajarkan tentang artinya perhatian dan komunikasi dalam keluarga. Karena perhatian sekecil apapun dapat merubah sikap seseorang yang keras menjadi lebih baik, seperti perhatian yang diberikan oleh Reina kepada Ares yang terdapat pada cerita novel ini.

B.     Saran
1)      Redaktur
Penerbit seharusnya mengadakan launching kumpulan novel-novel terbaru karya sastrawan muda agar lebih dikenal oleh masyarakat.
2)      Pengarang
·         Pengarang seharusnya mencantumkan data diri lengkap agar pembaca mudah memahami latar belakang kehidupan pengarang.
·         Pengarang seharusnya memperjelas akhir cerita novelnya agar lebih dimengerti oleh pembaca.

3)      Pembaca
·         Pembaca supaya mau membaca dan memahami maksud dari isi cerita dari pengarang.
·         Pembaca dituntut untuk mengambil segi positif yang ada di dalam novel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar